Rabu, 15 September 2021

ANALISIS IKLAN AXIS “MAKIN DEKAT DENGAN RAKYAT” KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE

  


A.           Kajian Semiotika

Kata semiotika berasal dari bahasa Yunani, semeion yang berarti “tanda” (Sudjiman dan Zoest, dalam http://noviyanto-noviyanto72.blogspot.com /2009/10/teoritik-semiotika-charles-sanders.html) atau seme, yang berarti “penafsir tanda” (Cobley dan Jansz, dalam http://noviyanto-noviyanto72.blogspot.com/2009/10/teoritik-semiotika-charles-sanders.html).

Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu tanda (sign). Dalam ilmu komunikasi ”tanda” merupakan sebuah interaksi makna yang disampaikan kepada orang lain melalui tanda-tanda. Dalam berkomunikasi tidak hanya dengan bahasa lisan saja namun dengan tanda tersebut juga dapat berkomunikasi.

Dari beberapa tokoh semiotik, ada salah satu tokoh ternama yaitu seorang filsuf Amerika yang bernama Charles Shanders Peirce (1839-1914). Pierce menyebut model sistem analisisnya dengan semiotik dan istilah tersebut telah menjadi istilah yang dominan digunakan untuk ilmu tentang tanda. Tanda-tanda tersebut menyampaikan suatu informasi sehingga bersifat komunikatif.

 

B.            Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce

Tanda menurut Peirce terdiri dari Simbol (tanda yang muncul dari kesepakatan), Ikon (tanda yang muncul dari perwakilan fisik) dan Indeks (tanda yang muncul dari hubungan sebab-akibat).Sedangkan acuan tanda ini disebut objek.Objek atau acuan tanda adalah konteks sosial yang menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang dirujuk tanda.

Ikon adalah tanda yang hubungan antara penanda dan petandanya bersifat bersamaan bentuk alamiah, atau dengan kata lain, ikon adalah hubungan antara tanda dan objek atau acuan yang bersifat kemiripan.Contohnya ikon laki-laki digambarkan seperti tanda panah (♂) karena menurut sejarah pada zaman dahulu laki-laki identic dengan memanah.Sedangkan ikon perempuan digambarkan seperti cermin (♀) karena perempuan identik dengan cermin.

Indeks adalah tanda yang menunjukkan adanya hubungan alamiah antara tanda dan petanda yang bersifat kausal atau hubungan sebab akibat, atau tanda yang langsung mengacu pada kenyataan. Contohnya, langit mendung menandakan akan turun hujan. Ini berarti mendung adalah indeks dari hujan.

Simbol adalah tanda yang menunjukkan hubungan alamiah antara penanda dengan petandanya.Hubungan diantaranya bersifat aibitrer atau mana suka, hubungan berdasarkan konvensi (perjanjian) masyarakat. Contohnya, pemasangan kain bewarna putih di depan rumah, menandakan adanya orang yang baru saja meninggal di rumah tersebut. Ini berarti kain putih adalah symbol dari orang yang sedang berkabung.

 

C.           Analisis Iklan AXIS “Makin Dekat dengan Rakyat” : Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce

Iklan AXIS yang dianalisis dalam pembahasan ini adalah iklan AXIS versi “Makin Dekat dengan Rakyat”. Iklan tersebut berisi tentang pengenalan kepada masyarakat bahawa AXIS tersebut bisa menjangkau semua kalangan masyarakat berbagai macam profesi, usia, status sosial dan lain-lain. Dalam iklan tersebut yang paling banyak dimunculkan adalah tanda ikon, seperti ikon waktu, ikon warna, ikon usia, ikon tempat, ikon profesi, dan ikon status sosial. Adapun mengenai indeks dan simbol masing-masing memiliki pokok bahasan, untuk lebih jelasnya akan kami paparkan pada pembahasan berikut ini.

1)             Ikon

a.      Ikon Waktu

Pada iklan AXIS tersebut ada tiga waktu yang ditampilkan, yakni malam, pagi, dan siang.Ketiga waktu tersebut mencakup satu hari penuh.Makna yang ingin disampaikan oleh iklan tersebut melalui ikon ini bahwa AXIS selalu eksis kapanpun setiap waktu.

b.      Ikon Warna

Warna yang ditonjolkan dalam iklan ini adalah warna ungu.Warna ungu melambangkan sifat yang luar biasa, tegas, selalu menjadi yang terbaik, dan up to date.Jadi, iklan ini ingin menampilkan kesan seperti yang ada pada warna ungu tersebut.Secara tidak langsung ini memberikan sugesti bahwa orang yang menggunakan AXIS adalah orang yang luar biasa, tegas, selalu menjadi yang terbaik, dan up to date.Dalam iklan tersebut warna ungu muncul pada bunga, kondom HP, jepitan rambut, boneka, tali topi, sinar matahari, tulisan slogan AXIS, dan pada kartu perdana.

c.       Ikon Usia

Ikon usia yang dimunculkan dalam iklan ini mencakup usia muda, usia dewasa, dan usia tua. Usia muda ditampilkan pada model siswa SMA. Usia dewasa dimunculkan pada model karyawan. Sedangkan usia tua dimunculkan pada model petani dan tentara. Maksud dari ikon ini adalah AXIS ingin menunjukkan bahwa GSM tersebut cocok untuk segala usia.

d.      Ikon Tempat

Ikon tempat yang dimunculkan dalam iklan ini adalah sekolah, kantor, sawah, dan hutan. Seperti yang kita ketahui kantor identik dengan perkotaan sedangkan sawah dan hutan identik dengan pedesaan. Jadi maksud yang ingin disampaikan oleh ikon ini adalah AXIS bisa menjangkau seluruh nusantara bahkan bisa mencapai ke pelosok-pelosok. Seperti terlihat pada ikon sawah, di sana terdapat 2 tower GSM, ini secara tidak langsung memberitahukan kepada masyarakat bahwa di desa pun sinyalnya kuat.

e.       Ikon Profesi

Ikon profesi yang dimunculkan dalam iklan ini antara lain pelajar (dengan ikon sekolah), karyawan (dengan ikon kantor), petani (dengan ikon sawah), dan tentara (dengan seragam). Maksud yang ingin disampaikan dalam iklan tersebut bahwa AXIS cocok untuk segala macam profesi.

f.       Ikon status sosial

Ikon status sosial yang muncul pada iklan ini adalah ikon kaya (pakaian mewah), menengah (sederhana), dan miskin (biasa saja).Makna yang terkandung dalam iklan ini adalah status sosial apapun cocok dengan GSM ini.

2)             Indeks

Indeks yang ditampilkan dalam iklan tersebut adalah tertawa (indeks ceria) dan menangis (indeks terharu).Indeks tertawa ini terjadi karena adanya perasaan bahagia yang dialami oleh siswa SMA karena ditembak, karyawan karena difollback, petani karena kirimannya sudah sampai, dan tentara karena anaknya sudah lahir.Sedangkan indeks menangis dimunculkan pada satpam yang menangis karena terharu. Kedua indeks tersebut diperlihatkan oleh seluruh model dengan cara berpelukan. Ini artinya kebahagiaan dan rasa terharu tersebut manciptakan kesan kebersamaan.Jadi, kesan inilah yang ingin sampaikan oleh iklan AXIS tersebut.

3)             Simbol

Simbol yang digunakan dalam iklan ini adalah simbol bahasa, antara lain bahasa Indonesia yang dimunculkan lewat siswa dan karyawan, bahasa Jawa melalui petani, dan bahasa Maluku yang dimunculkan melalui tentara.  Selain itu iklan ini juga menampilkan bahasa gaul yang dimunculkan melalui siswa SMA dan karyawan. Seperti yang kita ketahui bahasa merupakan sistem yang arbitrer yang telah disepakati oleh masyarakat penuturnya.Bahasa erat kaitannya dengan suku bangsa.Jadi, maksud yang ingin disampaikan melalui simbol ini adalah GSM tersebut dapat digunakan oleh berbagai suku bangsa di Indonesia.

 

SIMPULAN

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan :

1.         Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu tanda (sign).

2.    Menurut Peirce dalam kajian Semiotikaterdapat segitiga makna yang terdiri dari: tanda (sign), object, dan interpretant

3.       Iklan AXIS “Semakin Dekat dengan Rakyat” ingin menyampaikan kesan kepada masyarakat bahwa GSM tersebut bisa dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat di berbagai tempat dengan berbagai macam latar belakang,

  

DAFTAR PUSTAKA

 

Alexa.2011. Teori Semiotik menurut Para Ahli. (http://jaririndu.blogspot.com/2011/11/teori-semiotik-menurut-para-ahli.html. Diakeses pada 25 Mei 2012)

Junaedi.2009. Teori Semiotik. (http://junaedi2008.blogspot.com/2009/01/teori-semiotik.html. Diakses pada 25 Mei 2012)

Noviyanto. 2009. Teoritik Semiotika (Charles Sanders Peirce). (http://noviyanto-noviyanto72.blogspot.com/2009/10/teoritik-semiotika-charles-sanders.html. Diakses pada 25 Mei 2012)

0 komentar:

Posting Komentar